Rabu, 30 September 2015

JERAWAT dan cara penanganannya (berdasarkan pengalaman pribadi)



 (Muka di Maret 2010 ; Setelah UN SMA)

(Muka di Agustus 2010, Kuliah Semester 1)

 (Muka di Oktober 2011, setelah pengobatan ; kuliah semester 3)

Gak usah ada opening lah yah, semua orang sudah tau apa itu jerawat dan tipe-tipenya apa saja. Jadi, disini gue mau sharing kisah gue dan jerawat dari tahun ke tahun. cekidot ~

Tahun 2004 - 2007 (SMP)

Cuma beruntusan + kucel dan itu gak begitu berarti. Produk yang gue pake selama SMP cuma sabun cuci muka BIORE Anti Acne. Cocok banget nih pake sabun cuci muka ini, foam nya lembut banget dan kulit juga berasa kenceng banget setelah pake (udah kelamaan sih yaahh balik lagi aja ke muka asal, hehe). Selama SMP gue terus-terusan pake produk ini. Sampai akhirnya gue mulai malas buat sering-sering cuci muka dan gua berenti gitu aja.

Tahun 2007 - 2010 (SMA)

Di masa-masa SMA masalah mukanya masih sama, kucel di daerah "T" dan beruntusan. Cuma bedanya, beruntusannya makin parah. Akhirnya beli lah sabun cuci muka JF SULFUR. Gilaaa…bau belerang gitu itu sabun. Tapi tetep pake aja sampai abis 1. Untuk menghilangkan beruntus di hidung yang kayanya sih komedo, gue cobain pake BIORE Pore Pack, tapi hasilnya NOL GEDE . Karna si beruntus masih ada, iseng-iseng gue minta periksa ke dokter spesialis kulit. Dengan mengeluarkan uang kurang lebih Rp 400.000 si beruntus itu hilanglah sudaaaahh (waktu itu sama dokternya gue dikasih krim malem, krim siang, obat minum, sama sabun cuci muka batangan merk SEBAMED). Setelah si beruntus ilang, gua mulai cuek sama muka gue karna emang fine-fine aja, dan itu terjadi selama gua kelas 2 SMA.

kelas 3 SMA akhir (tepatnya sih setelah UN, itu berarti maret 2010), gue iseng pengen coba-coba produk kecantikan gitu kaya temen-temen, yaa sekalian belajar dandan laah kan bentar lagi jadi anak kuliahan (hehe). Pertama-tama gue pake POND’S yang entah punya siapa, tau-tau ada di kamar mandi aja, iseng gua cobain aja yang warnanya ijo deh kalo gak salah. Asli enak banget di kulit!! Bikin segeeeerrrr!! Tambah iseng lagi gua beli deh bedaknya (waktu itu gue gak tau kalo ternyata POND’S gak ngeluarin produk komestik berupa bedak, n itu kali pertamanya gue ngerasain yang namanya pake bedak compact), kesannya : BUJUG BUNEEEEEEEEEEEEENG!!! Kulit muka panaaas banget!! Merah-merah kaya kebakar gitu! Gateeeeeeellll. Huhuhu sumpah nyesel coba-coba kaya gitu. Akhirnya gue berenti pake itu produk, dan si beruntusan yang dulu pernah sirna kini kembali lagi. Lebih parahnya langsung menyerang pipi gue gak pake kompromi n asli itu bruntusan banyak banget.

Gak ngerti harus ngapain akhirnya gue nurutin saran temen gua yang katanya “di totok aja ciiin biar cantik lagi! Mintanya totok aura aja, biar sekalian aura kita keluar”. Dan bego nya gua nurut aja lagi!! Akhirnya gua jalanin tuh yang namanya TOTOK AURA, abis Rp 150.000 dapet totok aura yang ternyata SUPER DUPER SAKIT, krim siang, sama obat cuci muka yang sama-sama gak ada merknya. Gue sempet ragu gitu mau pakenya juga, dan bener aja baru beberapa kali pake krimnya, beruntusan di muka malah tambah banyak aja. Gue berenti pake itu produk gak jelas dan akhirnya gue balik lagi sama dokter kulit gua yang dulu sempet berhasil nyembuhin si beruntus. Tapi uda 3 kali balik ke dokter itu, keluhan gua gak sembuh-sembuh juga. 

Juni 2010 gua dapet info dari temen katanya pake salep BENZOLAC ampuh, tapi pas gue cobain itu si beruntus malah jadi tambah banyak. Akhirnya gua STOP pake apa-apa. Gua cuma bisa ngandelin bedak biar beruntusan gue gak gitu keliatan.

Tahun 2010 - 2014 (Kuliah)

Agustus 2010 temen 1 kelas gue di kampus nawarin gua sabun cuci muka GREEN TEA + SERUM ANTI ACNE  yang katanya “RACIKAN DOKTER plus BAGUS BANGET” dengan harga Rp 150.000. 2 bulan pake produk itu tapi yang ada gue malah jerawatan, n gak nanggung-nanggung kali ini jerawat gua langsung jadi JERAWAT BATU.

MUNGKIN DISINILAH AWAL PERTEMUAN GUE DENGAN YANG NAMANYA "JERAWAT" (Agustus 2010). KARENA SEBELUMNYA SEUMUR HIDUP MASALAH DI MUKA CUMA BERUNTUSAN (MAYBE KOMEDO) DAN MUKA KUSAM AJA.

Akhirnya beralih ke SEBAMED lagi, tapi kali ini sabun cuci muka SEBAMED Liquid Face n Body Wash. Dan ternyata gak ada perubahan apa-apa. Dan disini gue nurut lagi sama temen yang ‘gossip’ nya sih pake CLEAN ‘N CLEAR + CALADINE LOTION jerawat bisa ilang, tapi nyatanya malah tambah PARAAAAH!!! (zzzz)

Dan akhirnya bulan februari 2011 gue ketemu sama obat JERAWAT yang ternyata MANJUR BANGET!!!!!! Gue pake produk ini selama 6 bulan (it means cuma 3X beli, karena 1X beli obatnya bisa bertahan sampai 2 bulan). TAPI DENGAN BERAT HATI GUE UMUMKAN BAHWA GUE SUDAH LAMA TIDAK MEMAKAI OBAT INI LAGI SEMENJAK JERAWAT GUE SEMBUH DI TAHUN 2011, JADI BAIKNYA TIDAK PERLU DITANYAKAN LAGI MENGENAI OBAT INI, KARENA SUDAH 6 TAHUN BERLALU DAN GUE GAK TAU APAKAH OBATNYA MASIH ADA ATAU NGGAK, APAKAH DOKTERNYA MASIH PRAKTEK ATAU NGGAK.

Lalu obat apa yang gue pakai untuk merawat muka gue pasca jerawatan?

Percaya gak percaya, setiap malam sebelum tidur gue selalu mengoleskan EVOO (Extra Virgin Olive Oil) ke seluruh muka lalu dibawa tidur.

Dimana sih kalau mau beli EVOO?

Di supermarket manapun pasti ada, harganya pun terjangkau, untuk ukuran yang paling kecil paling harganya gak sampe Rp 50.000. Nanti gue bahas tentang EVOO di artikel lain.

Tahun 2015 - 2016 (Dunia Kerja)

MUKANYA BIASA AJA. Jerawat cuma 1, 2, itupun kalau mau datang bulan. Padahal gue kerja di tempat yang HARUS BANGET PAKE MAKE-UP, tapi alhamdulillah gak ada masalah yang berarti.

Sampai suatu hari, gue memutuskan untuk resign dari kantor gue di daerah jakarta pusat dan pindah ke perusahaan di daerah Jakarta Utara. Sebagai anak rantau yang mandiri, kost pun pindah ke daerah kelapa gading. DISINILAH GUE BERTEMU LAGI DENGAN JERAWAT. silakan cek cerita lengkapnya. Ada foto Before-After nya juga lhoooo dan ada bocoran tentang obat minumnya juga. Klik DISINI

UPDATE YA GUYS!! (26 Oktober 2015)
Bagi kalian yang jerawatnya sudah pulih tapi meninggalkan bekas jerawat berupa SCAR/BOPENG, silakan baca pengalaman gue dalam menyembuhkan SCAR dengan cara EMATRIX DISINI